RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : XII /
Genap (2)
Materi pokok : perangkat lunak
Sub materi pokok :Dokumen
presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
KOMPETENSI DASAR
Menggunakan menu, ikon yang terdapat pada perangkat lunak pembuat presentasi
INDIKATOR
·
Mendeskripsikan
manfaat program presentasi
·
Mengidentifikasi
fungsi menu, tools dan ikon
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Kognitif
: Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·
Mengidentifikasi bagian-bagian lembar
kerja power point
·
Mengidentifikasi menu yang ada pada
program presentasi Microsoft Power Point
·
Mengidentifikasi tool menu yang ada pada
program Power Point
Afektif
: Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·
Siswa dapat mengemukakan pendapat
·
Menghargai pendapat siswa yang lain
·
Bekerjasama dan berdiskusi secara
berkelompok
Psikomotor
: Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·
Mendemontrasikan beberapa fungsi dari
tool menu
·
Mengerjakan tugas document presentasi
MATERI POKOK
Dokumen presentasi
-
Home - Insert
-
Design - Transition
-
Animaton - Slide show
-
Review - view
MODEL PEMBELAJARAN
- Pembelajaran langsung
- Praktik model pembelajaran kooperatif
METODE
Diskusi, ceramah, dan kerja kelompok
SUMBER BELAJAR
1. Buku
SMA kelas XII TIK
2. Modul
3. LKS
ALAT
DAN BAHAN
·
Labolatorium computer
·
Computer dan aliran listrik
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
· Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
· Apersepsi tentang presentasi
· Motivasi promosi dengan media
Kegiatan Inti
·
Guru
mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang berhubungan dengan
pembelajaran hari ini
· Guru mendemontrasikan melalui layar LCD cara mengaktifkan Power Point
· Guru selalu mengingat siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun pada saat proses pengaktifkan power point.
· Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang ada pada lembar kerja Power Point
· Siswa diajak untuk mengidentifikasi menu-menu, sub menu yang tampil untuk setiap menu dan mencatat beberapa menu, sub menu, menu cascading yang penting dan sering digunakan dalam operasional Power Point
· Siswa diminta untuk keluar dari Microsoft Power Point dengan cara yang benar
Tahapan Kedua
·
Guru
membibing oeserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 4-5 siswa yang berbeda dengan kemampuannya
·
Perserta
didik dibimbing oleh guru untuk
mendiskusikan tentang peranan perangkat lunak dalam power point
·
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan tentang perangkat perangkat lunak
dalam power point
·
Masing-masing
kelompok mendiskusikannya dengan siswa lainnya
·
Secara
berkelompok, membandingkan antara diagram komputer dengan perangkat perangkat
lunak dalam power point
·
Secara berkelompok, siswa mendiskusikan fungsi
dan cara kerja perangkat lunak dalam power point
·
Guru
berkeliling mengamati cara kerja siswa, dan membantu siswa yang belum bisa.
·
Bagi siswa yang sudah mahir, dapat membantu
temannya.
·
Guru memberikan masalah pada tiap kelompok
untuk ddidiskusikan dan dicari solusinya.
·
Siswa
berdiskusi dengan temanya mengenail tool-tool yang ada, cara untuk menampilkan
dan menyembunyikan tool yang ada
·
Siswa
mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu yang ada, terutama untuk tooll
menu yang tidak ada dalam lembar kerja sebelumnya
·
Siswa
diajak untuk mengisi teksbox sederhana
·
Guru
minta agar siswa belajar menyimpan dokumen Power Point dengan metoda yang
meraka kuasai
·
Secara
berkelompok, siswa menyelesaikan berbagai permasalahan mengenai perangkat lunak
dalam power point
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian/klasikal
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
Penutup
·
Guru
memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar,
perasaan dan pendapat siswa secara
keseluruhan,dsb) yang dipelajari hari itu
·
Siswa diberi waktu untuk menanggapi baik
secara lisan maupun tulisan
·
Siswa
diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran
·
Guru
mengecek tingkat pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mengerjakan soal
evaluasi
·
Guru mengevaluasi dengan memberikan
pertanyaan seputar indicator
·
Siswa diminta untuk membuat rangkuman
dari pembelajaran pada hari ini
EVALUASI & PENILAIAN
Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)
1.
Apa
yang dimaksud lembar presentasi ?
2.
Sebutkan
dan beberapa program presentasi yang kamu ketahui !
3.
Jelaskan
apa keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
4.
Sebutlkan
dan jelaskan menu-menu yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
5.
Jelaskan
syarat-syarat lembar presentasi yang baik !
6.
Jelaskan
nama dan fungsi dari tool menu berikut ini
Penilaian Praktik (Psikomotorik)
- Keterampilan
mengaktifkan dan menonaktikan MS. Power Point
- Keterampilan
menampilkan sub menu secara lengkap
- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu
-
Kemampuan mengidentifikasi dan
menggunakan tool menu
- Kemampuan
menyimpan dengan menu dan tool menu
Penilaian Afektif (Sikap)
-
Kehadiran
di kelas ketepatan
kehadiran di kelas dengan rentang
-
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas
-
Frekuensi
menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman)
-
Sikap
yang ditunjukan pada saat praktek
-
Kerjasama
dengan anggota kelompok atau dengan teman di dekatnya pada saat menyelesaikan
masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar