Sabtu, 10 Desember 2011

rpp untuk SMA TIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan        : SMA
Mata Pelajaran             : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester          : XII / Genap (2)
Materi pokok               :  perangkat lunak
Sub materi pokok         :Dokumen presentasi
Waktu                          :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
KOMPETENSI DASAR

Menggunakan menu, ikon yang terdapat pada perangkat lunak pembuat presentasi

INDIKATOR

·        Mendeskripsikan manfaat program presentasi
·        Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon

 

TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

Kognitif : Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·        Mengidentifikasi bagian-bagian lembar kerja power point
·        Mengidentifikasi menu yang ada pada program presentasi Microsoft Power Point
·        Mengidentifikasi tool menu yang ada pada program Power Point
               

                Afektif : Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·        Siswa dapat mengemukakan pendapat
·        Menghargai pendapat siswa yang lain
·        Bekerjasama dan berdiskusi secara berkelompok
                Psikomotor : Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·        Mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu
·        Mengerjakan tugas document presentasi

MATERI POKOK

            Dokumen presentasi

-         Home                                 -    Insert
-         Design                                -    Transition
-         Animaton                            -    Slide show
-         Review                               -    view

MODEL PEMBELAJARAN

  • Pembelajaran langsung
  • Praktik model pembelajaran kooperatif

METODE
Diskusi, ceramah,  dan kerja kelompok

 

SUMBER BELAJAR

1.    Buku SMA kelas XII TIK
2.    Modul 
3.    LKS


ALAT DAN BAHAN
·        Labolatorium computer
·        Computer dan aliran listrik

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

·        Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran

·        Apersepsi tentang presentasi

·        Motivasi promosi dengan media

Kegiatan Inti

·        Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran hari ini

·        Guru mendemontrasikan melalui layar LCD cara mengaktifkan Power Point

·        Guru selalu mengingat siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun pada saat proses pengaktifkan power point.

·        Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang ada pada lembar kerja Power Point

·        Siswa diajak untuk mengidentifikasi menu-menu, sub menu yang tampil untuk setiap menu dan mencatat beberapa menu, sub menu, menu cascading  yang  penting dan sering digunakan dalam operasional Power Point

·        Siswa diminta untuk keluar dari Microsoft Power  Point dengan cara yang benar

Tahapan Kedua

·        Guru membibing oeserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa yang berbeda dengan kemampuannya
·        Perserta didik  dibimbing oleh guru untuk mendiskusikan tentang peranan perangkat lunak dalam power point
·        Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan tentang perangkat perangkat lunak dalam power point
·        Masing-masing kelompok mendiskusikannya dengan siswa lainnya
·        Secara berkelompok, membandingkan antara diagram komputer dengan perangkat perangkat lunak dalam power point
·         Secara berkelompok, siswa mendiskusikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak dalam power point
·        Guru berkeliling mengamati cara kerja siswa, dan membantu siswa yang belum bisa.
·         Bagi siswa yang sudah mahir, dapat membantu temannya.
·         Guru memberikan masalah pada tiap kelompok untuk ddidiskusikan dan dicari solusinya.
·        Siswa berdiskusi dengan temanya mengenail tool-tool yang ada, cara untuk menampilkan dan menyembunyikan tool yang ada
·        Siswa mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu yang ada, terutama untuk tooll menu yang tidak ada dalam lembar kerja sebelumnya
·        Siswa diajak untuk mengisi teksbox sederhana
·        Guru minta agar siswa belajar menyimpan dokumen Power Point dengan metoda yang meraka kuasai
·        Secara berkelompok, siswa menyelesaikan berbagai permasalahan mengenai perangkat lunak dalam power point
·        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian/klasikal
·        Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya

Penutup

·        Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa    secara keseluruhan,dsb) yang dipelajari hari itu
·         Siswa diberi waktu untuk menanggapi baik secara lisan maupun tulisan
·        Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran
·        Guru mengecek tingkat pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mengerjakan soal evaluasi
·        Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
·        Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

EVALUASI & PENILAIAN

Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)
1.      Apa yang dimaksud lembar presentasi ?
2.      Sebutkan dan beberapa program presentasi yang kamu ketahui !
3.      Jelaskan apa keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
4.      Sebutlkan dan jelaskan menu-menu yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
5.      Jelaskan syarat-syarat lembar presentasi yang baik !
6.      Jelaskan nama dan fungsi dari tool menu berikut ini
                                               





 




Penilaian Praktik (Psikomotorik)
     - Keterampilan mengaktifkan dan menonaktikan MS. Power Point
    - Keterampilan menampilkan sub menu secara lengkap 
    - Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu
    - Kemampuan  mengidentifikasi dan menggunakan tool menu
    - Kemampuan menyimpan dengan menu dan tool menu
Penilaian Afektif (Sikap)
-         Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas  dengan rentang
-         Ketepatan waktu pengumpulan tugas
-         Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman)
-         Sikap yang ditunjukan pada saat praktek
-         Kerjasama dengan anggota kelompok atau dengan teman di dekatnya pada saat menyelesaikan masalah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar